Saat ini media sosial telah menjadi sebuah pasar bisnis tersendiri untuk bisnis online
Dimana sosial media juga telah banyak mengubah cara berbisnis mereka, dari hanya sekedar melakukan promosi hingga menjadi tulang punggung penjualan
Sosial media juga dapat anda gunakan untuk menjaring pelanggan maupun klien yang potensial, baik bagi perusahaan besar maupun kecil mempunyai peluang yang sama
Mengingat begitu banyak potensi bisnis pada sosial media maka strategi yang cepat dan tepat juga menjadi sebuah pilihan utama
Berikut ini adalah 10 langkah yang dapat anda terapkan agar menuai kesuksesan dengan cepat di media sosial
Untuk itu anda harus menentukan target mana yang terbaik untuk produk anda
Hal ini sangat penting agar anda dapat memfokuskan strategi terbaik bagi perusahaan
Setiap pembuatan konten baik di Facebook, Google Plus, Blog atau lainnya pastikan bahwa yang anda tulis dapat mendukung bisnis anda
Anda dapat menargetkan tujuan posting tersebut, apakah untuk produk terbaru, mendorong orang memilih produk atau menunjukkan unggulan produk anda dibanding kompetitor
Ini berguna untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen
Gunakan media-media sosial populer berikut ini Facebook, Twitter, Instagram sebagai media utama, dan gunakan Pinterest, Google Plus, Tumblr, Blog serta Linkedin sebagai media pendukung
Untuk itu anda disarankan untuk membuat logo yang berbeda/tidak ada kemiripan dengan logo produk lain
Mulai dari warna, font dan grafis harus jelas perbedaannya, tidak cukup sampai disitu karena konsistensi untuk tidak mengubah logo adalah hal yang sangat penting
Ini semua berguna untuk mempermudah pelanggan mengindentifikasi/menemukan produk anda.
Jika biasanya anda membuat pos hanya artikel pendek mengenai produk, link ke produk anda atau gambar yang memperlihatkan produk
Sekarang cobalah ketiga hal diatas menjadi satu posting sehingga dapat lebih bermanfaat bagi konsumen
Dan sesekali buatlah pos tentang pertanyaan pelanggan, hal ini sangat berguna untuk memancing pelanggan berinteraksi dan melihat produk-produk yang anda jual.
Dengan menanggapi komentar, memecahkan masalah, menjawab pertanyaan tentang produk namun harus mempertahankan sikap anda yang profesional
Buatlah pos yang berguna bagi pelanggan dan menyenangkan sebanyak 70%, dan biarkan mereka untuk terlibat dalam percakapan
Agar mereka merasa nyaman bukan sebaliknya, mereka merasa jenuh setiap ada pos terbaru dari anda
Dan 30% dapat anda gunakan untuk membuat promosi produk, setelah banyak pos yang bermanfaat bagi pelanggan, maka saat anda melakukan promosi produk secara otomatis akan mendapatkan perhatian dari mereka.
Jika menggunakan halaman Facebook anda juga dapat melihat jangkauan setiap pos dan respon mereka terhadap produk anda
Setelah itu anda dapat menganalisa apakah sudah efektif promosi yang selama ini di lakukan
Namun usahakan bahwa semua itu tetap relevan dengan produk yang anda tawarkan.
Jika dirasa kurang efektif atau tidak efektif anda dapat mengubah strategi promosi dengan berpegang data-data yang selama ini telah terkumpul.
Dimana sosial media juga telah banyak mengubah cara berbisnis mereka, dari hanya sekedar melakukan promosi hingga menjadi tulang punggung penjualan
Sosial media juga dapat anda gunakan untuk menjaring pelanggan maupun klien yang potensial, baik bagi perusahaan besar maupun kecil mempunyai peluang yang sama
Mengingat begitu banyak potensi bisnis pada sosial media maka strategi yang cepat dan tepat juga menjadi sebuah pilihan utama
Berikut ini adalah 10 langkah yang dapat anda terapkan agar menuai kesuksesan dengan cepat di media sosial
sukses media sosial |
1. Tentukan target pasar
Media sosial digunakan dari semua kalangan baik pelajar, profesional, publik figur dan lainnyaUntuk itu anda harus menentukan target mana yang terbaik untuk produk anda
Hal ini sangat penting agar anda dapat memfokuskan strategi terbaik bagi perusahaan
2. Perhatikan konten/posting anda
Untuk dapat menarik banyak orang serta penilaian positif mereka maka anda perlu hati-hati saat membuat konten yang berhubungan dengan bisnisSetiap pembuatan konten baik di Facebook, Google Plus, Blog atau lainnya pastikan bahwa yang anda tulis dapat mendukung bisnis anda
Anda dapat menargetkan tujuan posting tersebut, apakah untuk produk terbaru, mendorong orang memilih produk atau menunjukkan unggulan produk anda dibanding kompetitor
3. Gunakan beberapa media sosial
Untuk menunjang kesuksesan bisnis anda sangat disarankan untuk menggunakan beberapa media sosial sekaligusIni berguna untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen
Gunakan media-media sosial populer berikut ini Facebook, Twitter, Instagram sebagai media utama, dan gunakan Pinterest, Google Plus, Tumblr, Blog serta Linkedin sebagai media pendukung
4. Gunakan Brand yang berbeda dan konsisten
Brand/merk adalah identitas sebuah produkUntuk itu anda disarankan untuk membuat logo yang berbeda/tidak ada kemiripan dengan logo produk lain
Mulai dari warna, font dan grafis harus jelas perbedaannya, tidak cukup sampai disitu karena konsistensi untuk tidak mengubah logo adalah hal yang sangat penting
Ini semua berguna untuk mempermudah pelanggan mengindentifikasi/menemukan produk anda.
5. Strategi membuat posting
Cobalah untuk membuat posting yang menarikJika biasanya anda membuat pos hanya artikel pendek mengenai produk, link ke produk anda atau gambar yang memperlihatkan produk
Sekarang cobalah ketiga hal diatas menjadi satu posting sehingga dapat lebih bermanfaat bagi konsumen
Dan sesekali buatlah pos tentang pertanyaan pelanggan, hal ini sangat berguna untuk memancing pelanggan berinteraksi dan melihat produk-produk yang anda jual.
6. Libatkan pelanggan anda
Setelah produk anda menjadi perhatian maka buatlah pelanggan/calon pelanggan se nyaman mungkin agar merasa menjadi salah satu bagian yang istimewaDengan menanggapi komentar, memecahkan masalah, menjawab pertanyaan tentang produk namun harus mempertahankan sikap anda yang profesional
7. Gunakan strategi 70% untuk pelanggan 30% untuk anda
Strategi seperti ini sangat bermanfaat agar setiap pos yang anda lakukan mendapatkan perhatian dari pelangganBuatlah pos yang berguna bagi pelanggan dan menyenangkan sebanyak 70%, dan biarkan mereka untuk terlibat dalam percakapan
Agar mereka merasa nyaman bukan sebaliknya, mereka merasa jenuh setiap ada pos terbaru dari anda
Dan 30% dapat anda gunakan untuk membuat promosi produk, setelah banyak pos yang bermanfaat bagi pelanggan, maka saat anda melakukan promosi produk secara otomatis akan mendapatkan perhatian dari mereka.
8. Gunakan Analytic
Anda dapat memanfaatkan tool dari google analytic untuk mengukur sampai seberapa jauh respon pasar terhadap produk andaJika menggunakan halaman Facebook anda juga dapat melihat jangkauan setiap pos dan respon mereka terhadap produk anda
Setelah itu anda dapat menganalisa apakah sudah efektif promosi yang selama ini di lakukan
9. Gunakan trend saat ini
Menggunakan topik-topik yang sedang menjadi trend akan lebih banyak menyita perhatianNamun usahakan bahwa semua itu tetap relevan dengan produk yang anda tawarkan.
10. Menilai dan revisi
Setelah promosi anda lakukan selama ini sudah saatnya untuk menilai, efektif atau tidakJika dirasa kurang efektif atau tidak efektif anda dapat mengubah strategi promosi dengan berpegang data-data yang selama ini telah terkumpul.
10 langkah sukses menjalankan bisnis di media sosial
Reviewed by Zudhas detailing
on
7:47 PM
Rating:
No comments: