Ini dia fungsi VPN dalam dunia internet

VPN (virtual private network) masih sangat asing terdengar di telinga kita, sebab hanya sebuah perusahaan yang biasa menggunakan jaringan ini untuk mengamankan data yang mereka kirim melalui internet, namun bukan berarti kita sebagai pengguna internet biasa tidak bisa menggunakan atau dilarang menggunakannya.

VPN
macam-macam aplikasi vpn

Pada zaman sekarang VPN bukan hanya dapat di akses menggunakan PC/Laptop, namun sudah memasuki ranah mobile dan juga browser, anda dapat dengan mudah mendapatkannya dengan mengunjungi toko aplikasi dari sistem operasi yang anda gunakan atau pada toko browser yang anda gunakan, dengan hanya mengetik VPN maka akan muncul beberapa aplikasi baik yang gratis maupun yang berbayar.

Bagai mana cara kerja VPN? Cara kerja VPN seperti layaknya sebuah jembatan dimana semua lalulintas data akan di giring menuju sever VPN terlebih dahulu sebelum mengambil/mengirim data yang dituju, adapun cara kerjanya seperti gambar di bawah ini.
cara kerja VPN
cara kerja VPN
Dengan cara seperti itu maka keamanan data akan lebih terjamin, sebab semua data yang pengguna gunakan akan lebih dahulu mengarah ke sever VPN sebelum ke tujuan, sehingga akan sangat sulit untuk di mata-matai.

Setelah mengetahui cara kerja VPN sekarang saatnya mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan VPN.

Keuntungan

  • Tidak terdeteksi oleh jaringan operator, anda takut di ketahui oleh operator tentang situs apasaja yang sedang di akses, maka dengan menggunakan VPN anda akan terbebas dari itu semua, sebab operator tidak akan dapat melacaknya.
  • Keamanan terjamin saat menggunakan wifi umum, sudah tidak asing lagi saat ini wifi umum dapat sebagai aksi pencurian data, nah, dengan anda menggunakan VPN maka secara otomatis akan terbebas dari aksi tersebut, sebab ia tidak dapat melacak akses apa saja yang sedang anda gunakan.
  •  Membuka situs yang di blokir, dengan menggunakan VPN anda juga dapat mengakses situs yang diblokir di suatu negara dengan mudah, sebab anda akan terdeteksi sebagai pengguna di luar negeri, tergantung sever mana yang anda gunakan. (dalam hal ini admin tidak bertanggung jawab jika anda menyalah gunakan/membuka situs yang di larang)

Kerugian

  • Jaringan kadang menjadi lemot, saat sever VPN sesak (akses penuh) maka kecepatan internet akan menurun.
  • Alamat IP tetap terdeteksi, walau kita terdeteksi mengakses situs dari luar negeri namun alamat IP pada ponsel/pc yang anda gunakan tetap terdeteksi.
  • Informasi kita malah tercuri, bukannya aman, namun informasi kita malah di curi oleh pihak pengelola VPN, jika kita tidak menggunakan perusahaan yang terpercaya.
Ini dia fungsi VPN dalam dunia internet Ini dia fungsi VPN dalam dunia internet Reviewed by Zudhas detailing on 2:13 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.